Kamis, 01 Desember 2016

Software Pembukuan Sederhana

Jika kita menginginkan usaha yang dididirikan saat ini berkembang, jangan hanya memandang usaha dari sudut positif namun pandang juga dari sudut negatif yang mungkin selama ini tidak kita hiraukan bahkan parahnya lagi tidak kita sadari yakni membuat Pembukuan Sederhana. Pembukuan keuangan hal yang sangat mutlak diterapkan dalam suatu perusahaan entah taraf besar, menengah, entah kecil sekalipun. Pembukuan sederhana, lanjutnya, seharusnya bukan menjadi momok bagi kegiatan operasional melainkan justru menjadi bukti informasi keberlangsungan kegiatan perusahaan sekaligus identitas kepada pemerintah (misalnya dalam urusan perpajakan dan status pendirian usaha).

Mengapa pembukuan sederhana masih saja dianggap sebagai pengganggu bagian kebanyakan pengusaha? Padahal manfaat dari hal ini akan mempermudah jalannya bisnis. Selain itu dengan adanya pembukuan keuangan, kita akan bisa menganalisis perkembangan bisnis. Informasi yang dihasilkan juga akan mempermudah perusahaan dalam menjalin kemitraan dengan pihak luar, pengajuan kredit, dll. Ingat! Informasi keuangan yang baik akan memberi kepercayaan bagi pihak lain untuk bekerja sama dalam bisnis.

Pembukuan sederhana sangat tepat dilakukan bagi yang baru ingin membuat pembukuan keuangan secara sistematis. Ada beberapa hal penting yang wajib dilaksanakan terkait dengan hal ini:

  1. Pembukuan pemasukan dan pengeluaran uang
  2. Pembukuan arus kas
  3. Pembukuan pemasukan dan pengeluaran barang
  4. Stok opname
  5. Pembukuan harta tetap (inventaris kantor)
  6. Penyusunan neraca dan laba rugi
Setiap pelaku bisnis harus memiliki pencatatan keuangan setidaknya pembukuan sederhana. Pasalnya tanpa pencatatan keuangan, prestasi usaha khususnya penjualan tidak akan tampak secara nyata, bahkan tidak bisa membuat proyeksi.

Kami CV. IT Brain Indonesia menciptakan sebuah software akuntansi keuangan / manajemen keuangan yang sederhana dan berkualitas untuk setiap pelaku bisnis. Pada hal nya para pelaku bisnis memang sangat memerlukan agar perencanaan keuangan dan kegunaan keuangan bisa jadi hal yang berguna untuk pelaku bisnis.
Jika berminat silahkan hubungi Kontak Kami.


0 komentar:

Posting Komentar